Fan, bete banget nih.. Masa tuh cowo jelek mau ngeduain gue sih? Kurang apa coba gue itu? Asshhh.. kek anak kecil aja doi. Dia kira gue kaga reti apa yg doi lakuin? Ah kampret tu cowo. Kata si Era sambil emosi ke gue.
Lu kenapa marah-marahnya ke gue sih? Bawel ah lu. Tanggep gue
Sejak si Era muring-muring gak jelas ke gue di beberapa saat yang lalu, dia jadi berubah. Kalo gue ngekatain itu sebagai sebuah istilah “galau”. Lebih keren dan kata itu lagi populer kali ini. By the way, jujur aja, gue kaga ngerti kata galau sih. Tetapi menurut analisa gue lebih menjurus ke arti dilema, pikiran kacau, bingung, resah, dan cemas. Mungkin aja sih gitu artinya.
Back to the right way
Eh, kisah si Era ini agak mirip sama cerita di telenofela yang di tv itu. Yaa.. cerita cintanya. Dia kira dia hidup mengikuti alurnya di sinetron kali ye. Dari ketemuan kenalan minta nomer hp trus jadian trus bahagia selamanya. Wow.. monoton banget cerita cintanya. Tapi kisah temen gue Era ini ada specialnya.
Era itu adalah sesosok manusia yang sangat berarti dihidup gue, mungkin agak karuan ceritanya. Dia temen gue yang gue nemu di kelas ini. Mungkin, temen gue yang satu ini akan pisah sama gue. Dia dapet beasiswa ke sekolah bagus nan favorit, dan dia musti tinggal dan ngelanjutin studi-nya di asrama yang udah disediain sekolah. I’ll miss you.
Dari kisah-kisah yang pernah gue denger dari temen-temen gue yang ngebacot alias curhat ke gue, cerita dia-lah yang paling menarik. Lucu, bikin keki, so sweet dan apalah yang orang-orang katakan.
Ceritanya sih gini, gue sebenernya sempet sebel nan benci sama dia. Benci cuman gara-gara cowok. Ceritanya sih sepele. Gue pernah suka sama si “cowo” jelek yang udah hampir 6 bulan Era pacarin. Gue dulunya agak illfeel gitu deh sama si Era. Secara tidak langsung, dia juga tau dong gimana rasa cinta gue ke si cowok jelek itu. Eh, deket waktu gue mo ngedapetin (cuiihh, najis dah.. pede amat gue) si cowok jelek itu, malah mereka jadian. Wtf.
Dengan labil nya gue, gue hampir setiap menit update status untuk nyindir si Era. Tapi, si Era kaga nyadar-nyadar juga sih. Kalo gak salah sih, mereka jadian saat itu malem minggu, uda malem gitu, si cowok jelek itu ngeganti status relationship-nya di jejaring sosial. Kebetulan juga, saat itu gue lagi online. Nah loh.. pas banget tuh, tambah juga ancur ni ati gue.
Tapi gue cuman ngerasain ke-ancur-an ati gue bentar doang. Karena, ada yang lain kok yang menanti. Yapp.. kesempatan lain kaga akan kemana. Sebenernya sih, yang bikin ngilangin rasa ancur ati gue, cuman keluarga gue, karena setengah bulan berikutnya adalah holiday. Feel that freedom, feel the holiday. Gue cuman make prinsip itu. Masak iya sih, gue liburan tapi mau terus-terusan menjadi galau tak jelas dan tak menentu? Gak asyik dong.
Liburan gue dengan keluarga bikin gue ayem. Ke luar kota doang sih, tapi kesempatan itu amat sangatlah langka bagi gue, untuk ngerasain kebersamaan itu. Selama liburan, gue gak kontak-kontakan sama si cowok jelek itu. Jujur banget, gue saat itu masi rada suka sama dia.
----o0o----
About 3 weeks, I forgot him.
Mungkin, ini waktu yg rada singkat juga sih. Gue rasa waktu yang tepat untuk melupakannya ya saat ini. Gue dapet alibi buat kaga nyukai cowo ato bahkan pacaran. Alasannya jelas banget, taun ini gue bakalan ngikutin ujian. Prepare from now. Cuman itu doang yg bisa bikin gue sadar.
Lagian gue kaga mau ngimpiin tuh cowok lagi. Mungkin menurut gue dulu doi ganteng -,- oh no, ngimpi apa gue dulu? Sampe2 gue ngejar tuh cowo.. wtf
Skip skip
Kali pertama gue masuk ke sekolah setelah gue nikmatin liburan. Sabtu itu, gue berangkat agak telat. Emang dasarnya gue kaga bisa berangkat pagi sih. Kalo soal waktu, gue nyerah memang.
Di sekolah, Sabtu pagi dan pertama gue masuk ke sekolah, gue harus keliling sekolah buat cari di mana seharusnya gue duduk sekarang. Gue rasa kangen banget sama sahabat-sahabat gue. Saat itu, gue belum ngerasain kangen ke Era, karena memang saat itu dia bukanlah temen deket gue.
Awal masuk, gue merasa kaget aja, gue masuk di kelas unggul. Yang gue takutin adalah, apakah di sana gue bakalan punya temen ato kagak. Gue tanya si Nara dia uda sama temennya ekskul, gue nanya a udah sama temennya, WTH! Yaudah, gue asal naroh tas aja.
Anak-anak laen uda pada ngobrol ke sana ke mari. Tapi gue baru aja dateng. Gak lama setelah itu, gue ndenger bel masuk, dan guru OSIS berkeliaran ngusir kita dari kelas. Ternyata ada upacara.
Jadi kakak senior di sekolah ini, gue uda masang muka songong. Apa lagi gue sama ke-tiga sahabat gue. Secara, di taun yg lalu kita bareng mulu, ke sana ke mari berempat. Di kali pertama upacara ini, gue uda kek anak ilang -,- banyak yang baris gak sesuai aturan. Gue baris di kelas sebelah, sebaris dengan Intan dan Sasa. Temen gue yg satunya malah ngilang dari peradaban. Dia ke temen barunya -,-
Upacara awal taun ajaran yg mungkin agak singkat juga menurut gue, karena sepanjang jalannya upacara gue cuman ngobrol sama si Sasa dan Intan. Sungguh, gue kaga ngerti apa yg di omongin sama kepala sekolah. Haha..
Skip skip
Seabis upacara itu, anak-anak masuk ke kelas. Tas gue waktu itu gue taroh di baris depan. Awalnya sih, gue sendiri, tapi ada cewek duduk sendirian di sebelah. Gue ajakin deh dia duduk di sebelah gue. Dia adalah cewek yang agak gue sebel “dulu” saat kita pernah sekelas. Secara, muka jayus nya yang bikin gue ilfil, tapi yaa.. gimana lagi? Dari pada gue duduk sendirian kaga punya temen, It’s OK.
Hari pertama, di kelas itu yang cowok memang mereka seru-seru. Yang cewek banyak yang gak seru. Pendiam! Tapi, lebih ironis lagi, saat awal masuk, 3 orang masih pada liburan, dan hampir 10 anak adalah anak OSIS. Lainnya adalah makhluk biasa kek gue.
Era, sahabat gue yang belum akrab saat itu, dia masih berposisikan di Malang. Ya! Liburan. Hell.. liburannya kurang kali ya? Gue memang ngerasa kaga punya temen saat itu di kelas unggul ini L. Gue merasa kangen kepada ketiga sahabat gue. Guru BK mungkin tau, karena kita selalu kemana-kemana bareng, kita di pisah, tiap anak di tempatin kelas yang berbeda. Hell..
Pulangnya gue bareng sahabat gue, tapi gue mampir dulu di kelas junior, secara mo eksis dulu sih. Di depan kelas junior ruang d gue nemu temennya Era. Gue langsung deh minta nomer henponnya si Era, yang gue belum punya. Mungkin di hari senin gue bisa bareng dia.
Gue langsung nge-sms si Era waktu itu. Sejak saat itu, gue sama si Era kemana- kemana barengan. Dengan alesan kita sekelas, dan dia emang asyik. Awal nya sih waktu ngebaca di depan pintu, kelas gue sapa aja, gue baca nama “ERA” gue merasa panas. Doi kan pacar si cowo jelek itu.
Tapi, kaya air yang mengalir, gue ngerasain ada yang beda. Sebulan lebih gue bersama si Era, Era dan pacarnya tanpa ada konflik sedikitpun. Era waktu itu belum pernah blak-blakan ke gue. Mungkin dia agak sedikit malu ato kenapa kali ya. Karena memang Era juga tau kalo gue dulu suka si cowo jelek itu.
Tau kenapa, suatu hari, si Era lagi cerita ke cowok deket Era dan gue juga, gue nanya ke Era kenapa dia cerita semuanya. Tentang ke”cemburu”annya ke temen sekelasnya si cowok jelek. Sejak saat itu lah, gue sama si Era temenan akrab kek udah temenan lama. Saling ngerti.
Berjalannya waktu memanglah gak kerasa. Cepet juga udah uts semester. Di hari pertama adalah waktu yang cukup menegangkan bagi gue dan anak-anak yang laen. Tapi, Era merasa ada yang beda. Yaa.. dia berulang taun hari itu.
Malemnya gue udah ngucapin si Era kata “selamat ulang tahun, sahabatku” tengah malem. Gue pertamanya berniat kaga bakal ngasi dia kado apa-apa. Tapi gue berubah pikiran. Akhirnya gue ngasih kado ke dia telat. Dan syukurlah, dia suka dengan kado dari gue.
Hari itu juga, si Era cerita ke gue, bahwa dia udah putus sama si cowok jelek itu. Gue kaget. Dan Era cerita semuanya ke gue. Gue kaga bisa bantu apa-apa ke mereka sih. Di hari ke berapa tes, gue di sms sama si cowok jelek gini “jagain Era ya Fan J “.
Ya.. ampun, baru aja 5 bulan, mereka putus. Yang awal jadiannya mereka bikin gue sedikit sakit. Gue kaga abis pikir ke mereka. Bisa gitu ya? Si Era sedikit tega ke si cowok jelek. Apa salah nya ngomongin baik-baik? Ya kan? Eh, tapi itu bukanlah urusan gue, gue cuman pendengar bacotannya si Era.
---oOo---
Selang beberapa hari, eh si Era cinlok dan jadian sama temen les nya, seperti yang pernah gue ceritain. Ini lah klimaks nya cerita cinta si Era yang kaya di telenofela di tv. Putus dapet pacar lagi. Seru dan agak sedikit tega nan tragis.
Gak lucu banget ceritanya. Gue pertama kali diceritain sama si Era bahwa si Era mulai rada-rada seneng sama cowok yang bernama Andi itu gue terkejut. Kenapa enggak? Jelas-jelas dia baru aja putus sama cowok jelek yang dulu pernah gue suka, eh sekarang dia malah cinlok.
Seminggu setelah si Era putus, si Era ngabarin ke gue yang menurutnya adalah kabar gembira. Bahwa dia sudah jadian bersama si Andi. Tapi, menurut gue itu semua bukanlah merupakan kabar gembira. Itu semua kabar yang sedikit menyakitkan.
Fan, gue jadian sama si Andi. Kemaren doi nembak gue. Temennya yang buruk rupa sih yang pertama kali nembak gue. Langsung! Tapi, si Andi cuman nembak gue lewat sms. Yahh.. karena gue suka doi, ya gue langsung nerima si Andi. So, gue sekarang udah kaga “jomblo” lagi. Jelas si Era ke gue.
EHHHH!! Buset lu?!! Seriusan lu sama si Andi? Lu kan belon tau menahu tentang doi, lagian, elu cuman ketemu doi seminggu dua kali. LDR ntar.. susah tau gak? Celoteh gue ke Era.
Serius lah, kalo gue udah nerima doi, berarti kan gue udah mikirin yang mendatangnya. Tegas si Era ke gue.
Gue sih kaga bisa komentar apa lagi. Gue cuman bisa ngebatin, gue udah ngasi tau ke elo ya Er, elo nyesel di kemudian hari, itu derita lo, gue kaga mau ikut campur lagi. Terserah elo mo apain gue kalo elo udah tau semuanya tentang gue. Niat gue bagus kok. Cuman satu doang, gue kaga mau elo nangis ato kecewa ato bahkan sedih gara-gara cowok.
---oOo---
Tuh kan!! Udah putus lagi!! Gue kata juga apa??! Elu sih kaga ngedengerin apa yg mo gue kata. Gini kan jadi nya. Omel gue ke Era. Mungkin, jadi tokoh utama dalam sebuah sinetron itu sangatlah dan amat bingung ya.. ada satu satu nya satu nya lagi, dan ceritanya berlibet-libet.
Kenapa tuh si Andi mutusin elo? Kurang apa coba elo tuh? Tanya gue sambil sedikit ngedesak. Tapi, si Era terdiam dan menangis. Setelah beberapa menit kita berdua saling diem, akhirnya si Era cerita semua ke gue.
Era gadis berbehel ini, sebenernya punya ide yang bagus, asyik dan jelas banget dia pinter. Tajir, cakep, sexy yang dimiliki si Era ini lah yang mungkin bakalan di sukai para cowok-cowok. Kalo gue lebih pas ngenamainnya si Era sebagai “gadi pujangga”. Yang ada juga di benak gue adalah si Era bakalan jadi cewek yang sukses di hari mendatangnya.
Akan tetapi, dunia berkata lain. Sejak saat itu, dia menjadi terpuruk akan kisah cintanya. Dia menjadi down dan semakin tambah terpuruk tidak sebahagia dahulu. Dia menjadi tambah labil.
Hingga suatu saat, dia mencoba untuk bunuh diri. Bunuh diri yang dicoba oleh si Era, ini mungkin karena putus cinta dan rasa malunya terhadap orang-orang yang ada. Era sih kaga ngerasain dosa sepertinya.
Cewe cantik berambut panjang dan berkulit sawo matang ini, mencoba bunuh diri di gedung sekolahnya sendiri. Sehari sebelumnya, dia merasa terpojokkan akan kehadirannya di sekolah. Di sekolah telah beredar video yang bertokohkan dirinya sendiri.
Jelas banget, si Era terkejut dan langsung meneteskan air mata yang ada. Mungkin karena dia terpuruk akan keadaan yang sekarang sedang terjadi dan menimpa dihidupnya. Kehadiran si Andi sungguhlah membuat si Era ingin mengakhiri hidupnya.
Di sekolahnya, telah tersebar akan adanya gosip yang memang benar-benar terjadi ke Era. Gue tau kalo si Era ngelakuin hal yang sedikit “negatif” dihari sebelum mereka putus. Mereka ijinnya ke gue maen ke rumah si Farel, tapi.. ternyata ke rumah si Andi dan ngelakuin hal yang belon pantas mereka lakuin. Hal itu lebih dalem dari pada hanyalah sekedar ciuman bibir layaknya orang pacaran.
Yang gue heran, kenapa si Era mau gitu cuman di manfaatin sama si Andi. Boong gede dengan janji yang pernah di lontarkan mereka berdua di depan gue waktu itu.
Awalnya si Era kaga tau, bahwa si Andi merekamnya ketika mereka melakukan hal tersebut. Si Era dengan santainya melakukan hal tersebut. Dengan tanpa dosa mereka berdua berangkat ke tempat mereka les. Berdua.
Di dalam taxi yang mereka tumpangi ketika mereka berangkat les, si Andi ternyata meng-upload semua yang telah mereka lakukan di youtube. Jelas saja si Era kaga tau apa yang Andi lakukan. Karena selama di perjalanannya, si Era tidur.
Hari maksiat tersebut telah mereka lakukan tanpa memiliki rasa sesal yang mengganjal di hati. Tapi akibat dari pada kelakuan mereka kena juga ke Era. Beberapa hari selanjutnya setelah mereka melakukan hal tersebut, si Era bunuh diri, terjun dari lantai 2 gedung sekolahnya.
Hal itu yang membuat gue menjadi merasa menyesal tidak menasehati sang sahabat. Padahal, si Era adalah gadis yang lembut, dan pinter. Jelas aja, karena kejadian semua itu, si Era tak bisa melanjutkan sekolahnya di sekolah favourite itu. Tapi, gue dan Era malah terpisah untuk selama-lamanya.